• May 23, 2024

10 Hewan Terkecil di Dunia, Ada yang Ukurannya 7,7 Milimeter

Hewan di dunia hadir dalam berbagai rajazeus slot bentuk dan ukuran, mulai dari kecil hingga raksasa. Namun, ternyata ada beberapa spesies fauna yang memiliki ukuran sangat mungil hingga mungkin jarang dikenali oleh sebagian besar manusia.

Daftar Hewan Terkecil di Dunia

Melansir laman OneKind Planet, berikut 10 hewan paling mungil di dunia.

1. Katak Paedofrin Amauensis

Katak Paedofrin amauensis pertama kali ditemukan di Papua Nugini pada 2009. Spesies yang relatif baru itu hanya berukuran 7,7 milimeter. Bahkan, vertebrata terkecil itu juga belum memiliki nama umum.

2. Ikan Paedocypris

Ikan Paedocypris pertama kali terdeteksi di hutan rawa gambut di Pulau Sumatra. Ikan yang mampu bertahan hidup dalam kondisi kekeringan ekstrem itu hanya mempunyai panjang sekitar 7,9 milimeter.

3. Ular Benang Barbados

Apabila dilihat sekilas, maka ular benang Barbados atau ular buta ramping nampak seperti cacing tanah biasa. Namun, satwa dengan nama Latin Leptotyphlopidae itu adalah jenis reptil yang berukuran sekitar 11 sentimeter. Ditemukan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, hingga Asia, ular benang itu tidak berbisa, buta, dan hidup dengan cara menghisap isi tubuh serangga.

4. Kelelawar Berhidung Babi Kitti

Kelelawar berhidung babi kitti (Craseonycteris thonglongyai) berukuran panjang 30 sampai 40 milimeter dan berat 1,5 sampai 2 gram. Satu-satunya mamalia yang bisa terbang itu juga disebut sebagai kelelawar lebah. Mereka hidup di gua-gua batu kapur di sepanjang sungai di kawasan Thailand dan Burma.

5. Burung Kolibri Lebah

Burung Kolibri Lebah (Mellisuga helenae) termasuk hewan terkecil di dunia yang memiliki ukuran panjang 5,7 sentimeter dan berat 1,8 gram. Vertebrata berdarah panas itu berasal dari Kuba yang memakan serangga kecil dan nektar bunga.

6. Kura-kura Padloper Berbintik

Berasal dari Afrika Selatan, kura-kura padloper berbintik (Homopus signatus) hidup dengan memakan tanaman-tanaman kecil di celah-celah bebatuan. Kura-kura padloper berbintik jantan berukuran 6 sampai 8 sentimeter, sedangkan betina sedikit lebih besar, yaitu hampir 10 sentimeter.

7. Tikus Etruria

Tikus Etrutia (Suncus etruscus) yang juga dikenal sebagai tikus kerdil bergigi putih atau tikus kerdil Etruska mempunyai bobot tubuh 1,2 sampai 2,7 gram dan ukuran 36 sampai 53 milimeter. Hal itulah yang menjadikan tikus Etruria menjadi mamalia terkecil di dunia berdasarkan beratnya.

8. Lemur Tikus Madame Berthe

Habitat Lemur Tikus Madame Berthe (Microcebus berthae) di Taman Nasional Kirindy Mitea di Madagaskar Barat. Primata terkecil di bumi itu mempunyai tubuh berukuran 92 milimeter dan berat sekitar 30 gram.

9. Marmoset Kerdil

Marmoset kerdil (Cebuella pygmaea) berasal dari kawasan kanopi hutan hujan di Brasil, Peru, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Satwa yang juga dikenal sebagai monyet kerdil itu memiliki panjang tubuh 14 sampai 16 sentimeter, tidak termasuk ekor, dan berat hanya 15 gram saat lahir.

10. Kelinci Kerdil

Dengan panjang tubuh rata-rata 24 sampai 29 sentimeter, kelinci kecil (Brachylagus idahoensis) termasuk ke dalam daftar hewan terkecil di dunia.

Ditemukan di Amerika Utara, kelinci kerdil dewasa biasanya hanya memiliki bobot 400 gram. Mereka umumnya menghuni semak belukar yang lebat untuk bersembunyi.