• March 4, 2024
hewan pemakan bangkai

5 Fakta Hewan Pemakan Bangkai, Berjasa Besar Membersihkan Bumi

Hewan pemakan bangkai adalah anggota mutlak berasal dari ekosistem. Di alam bebas, keberadaan hewan pemakan bangkai memastikan lingkungan selalu bersih berasal dari bangkai hewan yang menumpuk. Bakteri pembusuk menjalankan perannya, sementara hewan pemakan bangkai mempercepat proses pembersihan bersama konsumsi daging bangkai tersebut.

Nah, selanjutnya ini kita dapat mempelajari lima fakta berkenaan hewan pemakan bangkai yang kemungkinan belum kamu ketahui, tidak benar satunya bahwa ternyata ada hewan herbivor yang kadang makan bangkai! Ini dia kelima fakta tersebut dan beberapa fakta tentang permainan dari rtp.

1. Kebanyakan hewan predator juga merupakan pemakan bangkai

Hewan karnivor kebanyakan mencari makan bersama cara berburu. Tapi beberapa besar juga dapat makan bangkai kecuali menemukannya. Itu juga hewan bersama reputasi pemburu yang hebat, jika singa. Bahkan, laman Macro Evolution menyebut bahwa beberapa besar makanan singa adalah bangkai.

Selain singa, hewan predator lain yang juga kerap makan bangkai adalah macan tutul, harimau, hiena, serigala, beruang, elang, komodo, dan banyak lagi. Karena bangkai tidak mengandung nutrisi sebanyak daging segar, kebanyakan bangkai tidak menjadi menu makanan utama mereka. Namun demi bertahan hidup, mereka gak dapat segan makan bangkai kecuali menemukannya.

Karena itulah hewan pemakan bangkai kebanyakan lebih enteng bertahan hidup di keadaan apapun. Terutama di tempat pemukiman manusia, hewan pemakan bangkai bisa lebih enteng beradaptasi. Tanpa kekuatan makan bangkai, sejenis hewan karnivor dapat lebih enteng tersisih berasal dari tempat pemukiman dikarenakan populasi mangsa mereka pun tentu berkurang drastis.

2. Ada pula hewan yang makanan utamanya adalah bangkai

Lalu apakah ada hewan yang menjadikan bangkai sebagai makanan utamanya? Ada. Kondor alias burung pemakan bangkai adalah contohnya. Laman Birds Flight menyebut bahwa beberapa besar makanan burung kondor adalah bangkai. Menggunakan penciumannya yang tajam, kondor bisa mencari keberadaan bangkai. Namun kadang kala mereka juga bisa berburu hewan yang masih hidup.

Contoh lain adalah kumbang bangkai, yang cocok namanya merupakan tipe kumbang pemakan bangkai. Kumbang ini tergabung didalam famili Silphidae dan terdiri berasal dari lebih kurang 200 spesies. Tak cuma makan bangkai, kumbang ini juga dapat bertelur di didalam bangkai sehingga anak-anaknya bisa langsung mendapat persediaan makanan.

3. Kadang hewan pemakan bangkai dapat makan daging hewan yang masih hidup

Kebanyakan hewan yang makanan utamanya bangkai memang adalah hewan invertebrata bertubuh kecil, jika serangga. Itu dikarenakan bagi hewan yang bertubuh besar, susah menemukan bangkai didalam jumlah yang lumayan untuk mencukupi keperluan nutrisi mereka. Sementara bagi hewan kecil, bangkai hewan yang ukurannya lebih besar berasal dari mereka pun lumayan enteng ditemukan.

Terkadang, mereka bahkan gak wajib tunggu seekor hewan mati untuk bisa mengonsumsinya. Ya, secara esensial memang hewan pemakan bangkai adalah pemakan jaringan mati berasal dari tubuh hewan lain. Misalnya, lalat bisa memakan anggota yang udah mati berasal dari luka di tubuh hewan ternak. Sementara lalat makan, si hewan ternak selalu hidup dan tidak mulai sakit.

4. Di laut pun banyak hewan pemakan bangkai

Bagaimana bersama bangkai hewan yang mati di laut? Hewan-hewan pemakan bangkai penghuni lautan siap membersihkannya. Itu mencakup kepiting, lobster, belut, dan bintang laut. Ikan remora juga populer sebagai ‘ikan pembersih’ yang makan sisa makanan hewan lain. Sementara bangkai hewan besar seperti paus dapat menjadi makanan hiu.

Bahkan tulang-belulang pun tak dapat dibiarkan tersisa di didalam laut, dikarenakan ada cacing berasal dari genus Osedax. Cacing ini dikenal sebagai ‘cacing zombie’ dikarenakan kemampuannya memakan tulang-belulang hewan bersama cara mengeluarkan zat asam yang bisa menembus tulang. Dilansir Sport Diver, cacing Osedax udah berperan sebagai pembersih lautan sejak 125 juta th. lalu.

5. Beberapa hewan herbivor juga kadang makan bangkai

Fakta yang satu ini kemungkinan lumayan mengejutkan. Memakan bangkai ternyata bukan cuma tradisi hewan karnivor saja. Beberapa hewan herbivor juga dulu dilaporkan makan bangkai. Misalnya kuda nil. Laman Earth Touch News menyebut bahwa kuda nil dulu keluar makan bangkai antelop yang mereka temukan, bahkan sampai berebutan bersama sesamanya!

Begitu pula bersama rusa, yang dilaporkan laman Popsci dulu memakan bangkai kelinci. Hewan herbivor memang gak perlu makan daging untuk bertahan hidup, tetapi ilmuwan memperkirakan bahwa mereka dapat makan bangkai untuk mencukupi keperluan mineral seperti kalsium, fosfor, dan natrium, khususnya terhadap musim dingin di mana sumber makanan susah ditemukan.