• May 23, 2024

Alex Marwata Bela Nurul Ghufron soal Kasus Mutasi ASN Kementan: Itu Sifatnya Lebih Manusiawi

Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata buka bunyi tentang rekan kerjanya, Nurul Ghufron yang dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang diduga menyalahgunakan jabatan menolong pelaksanaan mutasi ASN Kementan dari pusat ke tempat.

Berdasarkan Alex, tindakan yang dikerjakan oleh Nurul Ghufron cuma berlandaskan asas manusiawi saja, mengingat ASN hal yang demikian slot deposit qris 5000 ialah anak dari kenalannya.

Sebab ASN itu sudah sempat mengajukan pelaksanaan mutasi ke tempat, cuma saja dalam kurun waktu satu tahun pengajuan itu tidak kunjung di pelaksanaan.

“Jadi lebih sifatnya mungkin, apa ya, lebih ke manusiawi lah. Ketika ada temannya dipersulit, mengajukan mutasi walaupun sudah lebih dari satu tahun. Meski mutasi itu kan agar dia bisa berkumpul dengan suaminya, keluarga. Jadi sifatnya lebih manusiawi. Berdasarkan aku lho, ya,” kata Alex di Gedung Dewas KPK, Selasa (14/5/2024).

Momen Ghufron yang menolong memutasi ASN hal yang demikian terjadi pada tahun 2022. Ghufron sendiri sempat berkonsultasi terlebih dahulu dengan Alex sebelum menolong ASN yang dimaksud.

Singkat cerita, Ghufron malah mencoba menghubungi salah seorang pejabat di Kementan ialah Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono.

“Pak ghufron mau menanyakan ke Irjen. Kebetulan yang bersangkutan tidak punya nomor Irjen, dia nanya ke aku. ‘Pak Alex punya enggak nomor temen di Kementan?’ ‘Oh punya’ gitu kan. Kebetulan ada temen aku kuliah di STAN itu kerja di sana jadi kepala biro keuangan. Aku tanya beliau namanya Puadi. ‘Bro, punya ngga nomor teleponnya Pak Irjen?’ ‘Ada apa bos?’ ‘Pak Ghufron mau telepon’,” cerita dia.

Saling Berkomunikasi
Setalah memperoleh kontak Kasdi, Alex menyerahkan selanjutnya ke Ghufron untuk saling berkomunikasi sebagaimana aduan yang diajukan oleh ASN Kementan itu.

Hanya saja dalam hal ini, baik Alex ataupun Ghufron mulanya sama-sama tidak kenal Kasdi yang ketika ini tengah berperkara di Pengadilan atas kasus korupsi bersama dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pun rencana Ghufron yang mau menolong kenalannya itu turut dikenal oleh pimpinan KPK lainnya.

“Ketika itu sepengetahuan pimpinan, aku, Pak Ghufron, dan pimpinan yang lain aku kira, kita meyakini memang tidak ada perkara di Kementan, yang apalagi hingga melibatkan menteri atau kasdi, enggak ada. Setidaknya tidak ada laporan dari Dumas ke pimpinan itu kita sedang memproses perkara di kementan, itu tidak ada laporannya,” tegas Alex.