• July 13, 2024

Cara Menjaga Tanaman Rumah Agar Tidak Mudah Layu dan Tetap Subur

Banyak dari kalian yang pasti merawan tanaman di rumah. Dengan merawat tanaman di rumah memang bisa membuat perasaan kita jadi lebih baik. Merawat tanaman tentu saja membutuhkan kesabaran serta hati – hati supaya tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Merawat tanaman tentu saja bergantung juga dengan jenis tanamannya. Tetapi, biasanya perawatan tanaman supaya tetap tumbuh subur sangat bergantung pada teknik penyiramannya. Lalu, bagaimana sih cara agar tanaman di rumah tak mudah layu dan tumbuh subur? Yuk simak.

1.Memberi Pupuk

Untuk menjaga tanaman supaya tetap https://htarcheryonline.com/ ternutrisi, berilah pupuk secara teratur supaya tanaman tumbuh dengan subur serta berumur panjang.

2.Memilih Tanah

Pilihlah tanah yang kualitasnya bagus, berikan juga pupuj pada tanahnya. Ada baiknya kalian menggunakan pupuk organik untuk menutrisi tanah.

3.Memangkas Tanaman

Tanaman juga perlu di pangkas kalau daun atau bunga tanaman sudah tua. Memangkas akan memicu pertumbuhan tunas baru pada batangnya. Jika daun sudah bertambah dan terlihat rimbun yang mengganggu, segeralah pangkas. Potonglah daun – daun yang rusak dan busuk. Dengan cara ini, daun yang rusak dan membusuk tak akan menyebar dan menginfeksi daun yang lain.

4.Memilih Tanaman

Untuk para pemula sebaiknya pilihlah tanaman yang gampang di rawat. Sesuaikan pula tanaman yang di pilih dengan lingkungan rumah sekitar, apakah lembab atau kering dan apakah mereka terkena cukup sinar matahari atau tidak. Jangan campurkan tanah yang membutuhkan sinar matahari banyak dengan tanaman yang hanya butuh sedikit sinar matahari.

Saat ini ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa di pakai untuk mempercantik rumah. Namun, usahakanlah memilih tanaman yang bisa hidup di suhu ruangan kurang lebih 25 derajat celcius. Cara ini akan memudahkan kalian dalam merawat tanaman hias tersebut.

5.Mengganti Pot

Mengganti pot bisa di lakukan saat tanaman sudah tumbuh semakin tinggi dan besar. Pergantian pot ini sangat penting. Karena kalau tanaman sudah semakin besar dan tinggi, pot jadi tak akan muat lagi. Akhirnya malah akan mengurangi penyerapan nutrisi tanaman dari tanah serta nantinya tanaman akan layu.

Taruhlah tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini di maksudkan supaya akar tanaman punya ruang yang cukup untuk tumbuh kembali. Pilihlah juga pot yang punya drainase air yang bagus. Hal ini di lakukan untuk menghindari genangan air di dalam pot.

Kalau halaman rumah kalian sempit atau punya lahan yang terbatas, kalian bisa merawat tanaman yang bermedia air. Misalnya, tanaman begonia, spoderwort, bambu rezeki, dan coleus. Kalian juga harus mewaspadai adanya hama tanaman yang mengganggu. Kalau sudah terserang hama, maka segera tangani dengan menyemprotkan insektisida.

6.Menyiram Tanaman

Menanam di dalam wadah pot tentu saja membutuhkan penyiraman yang lebi8h sering di bandingkan yang langsung tumbuh di tanah. Siramlah tanaman kalian setiap hari atau tergantung dengan jenis tanaman.

Perhatikan juga intensitas air yang di curahkan ke tanaman. Semua tanaman secara alami butuh air untuk tumbuh dan hidup. Supaya tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, maka siramilah tanaman setidaknya seminggu sekali. Usahakan untuk menyiram tanaman secara teratur. Dalam menyiram, jangan menyiram terlalu banyak. Air yang tergenang bisa membuat tanaman jadi busuk.

Itulah beberapa tips untuk menjaga tanaman supaya tidak mudah layu dan tetap subur. Semoga bermanfaat.