• April 19, 2024
Merawat Reptil

Cara Merawat Reptil di Rumah agar Bertahan Hidup Lebih Lama

Bagi banyak orang, reptil seperti ular dianggap sebagai hewan yang menakutkan dan semestinya dihindari. Tapi, tak sedikit terhitung yang menjadikan hewan berbahaya ini sebagai binatang piaraan. Salah satunya adalah mereka yang tergabung di dalam komunitas pengagum reptil Reptil and Exotic Pet Lovers (Rexel).

Komunitas yang dirintis oleh Bachtiar (22), mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya angkatan 2012 ini sekarang beranggotakan lebih berasal dari 50 aktif. “Sebagai area wadah berkumpulnya sesama pengagum reptil di kampus, dan tidak sedikit kawan kampus yang punya hobi yang sama, walau tidak sedikit yang beranggap reptil menakutkan,” ujar Bactiar.

Adanya komunitas ini harapannya sanggup digunakan sebagai ajang bersosialisasi bersama dengan kawan kampus yang penasaran bersama dengan dunia reptil, sekaligus mengimbuhkan pemahaman kepada warga mengenai binatang ini. Mereka terhitung sharing tips pelihara reptil bagi kalian yang tertarik. Dan juga kami akan sedikit membahas tentang situs judi online di link spaceman game

1. Kebersihan kandang

Kebersihan kandang merupakan basic pemliharaan yang paling kerap dispelekan, tetapi banyak akibat fatal yang disebabkan kurangnya melindungi kebersihan kandang jadi berasal dari membuat penyakit hingga kematian. Tidak wajib bersihkan kandang setiap hari, yang perlu setiap kotor langsung dibersihkan.

2. Pemberian pakan yang tertata dan sehat

Pemberian pakan yang tertata dan sehat merupakan tidak benar satu segi yang sanggup pilih kebugaran ular, contohnya pemberian seminggu sekali tikus putih dan pemberian tikus got. Dari pengalaman mereka bahwa pemberian tikus got membuat pup ular mengeluarkan banyak cacing. Ini pertanda bahwa pakan yang diberikan tidak sehat, berbeda bersama dengan pemberian tikus putih.

Baca juga:

Hewan Berbentuk Aneh di Dunia, Ada Ikan Berlipstik Merah!

Spesies Baru Kucing Purba Ditemukan di Spanyol, Tubuh Kecil tapi Mampu Buru Hewan Besar

3. Pemberian air minum

Air minum sanggup diberikan jika reptil membutuhkannya, sebab jika hingga terjadi dehidrasi sanggup fatal akibatnya. Bisa membuat kematian jika dehidrasinya parah.

4. Jemur secara rutin

Sebagaiman kita ketahui bahwa reptil merupkan hewan berdarah dingin yang tidak sanggup membuahkan panas tubuh sendiri. Oleh sebab itu supaya metabolismenya tidak terganggu, wajib menjemurnya setiap pagi pada pukul 09.00-11.00. Lama menjemur sendri bergantung berasal dari hewan apa yang akan dijemur, contohnya ular sanggup dijemur 10-15 menit.

5. Memandikan

Memandikan di sini punya niat supaya hewan yang dipelihara lebih bersih dan sehat. Mandi sanggup memanfaatkan air hangat atau pun air dingin (bukan air es). Dengan memandikan sanggup mengurangi, menyembuhkan atau menghalau parasit yang ada di tubuh anggota luar. Contohnya jamur, kutu, dan lainnya.