• May 23, 2024

Daya Terus Disorot, Segini Harta Kekayaan Dirjen Bea Cukai

Daya Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan terus menuai sorotan masyarakat dalam sebagian waktu terakhir. Menyusul, penerapan aturan barang bawaan masuk penumpang asal luar negeri sampai amberjapanesesteakhouse.com pengenaan bea masuk yang dianggap terlalu tinggi.

Akhirnya, nama Askolani sebagai petinggi Bea Cukai ikut terseret dalam pemberitaan media. Diketahui, Askolani ialah Direktur Jenderal atau Dirjen Bea Cukai yang menjabat sejak 2021 lalu.

Seketika berapa nilai harta kekayaan Askolani sebagai Dirjen Bea Cukai?

Menginformasikannya dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Askolani tercatat mempunyai sempurna kekayaan Rp 51,87 miliar. Nilai kekayaan tersebut dilaporkan pada 31 Desember 2022 lalu.

Nilai kekayaan Askolani tersebut mengalami kenaikan Rp 8,5 miliar dalam jangka waktu waktu satu tahun. Mengingat, nilai sempurna kekayaan Askolani di tahun 2021 sebanyak Rp43,26 miliar.

Secara terperinci, nilai kekayaan Askolani terbesar berasal dari kepemilikan surat berharga mencapai Rp19,52 miliar. Berikutnya, kekayaan Dirjen Bea Cukai itu berasal dari aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp17 miliar.

Kekayaan Aset
Dia juga mempunyai kekayaan aset berupa kas dan sepadan kas Rp12,06 miliar. Askolani juga mempunyai kekayaan berupa alat transportasi dan mesin Rp1,32 miliar.

Rinciannya, mobil Alphard 2018 senilai Rp895 juta yang diperoleh dari usaha sendiri. Kemudian, mobil Nissan X-Trail 2015 senilai Rp203 juta dan mobil Jeep Audi 2010 senilai Rp225 juta yang diperoleh dari hasil sendiri.

Tidak hanya itu, Askolani juga mempunyai kekayaan berupa harta bergerak lainnya mencapai Rp1,17 miliar. Kemudian, Dirjen Bea Cukai juga mempunyai harta bergerak lainnya Rp1,17.

Di sisi lain, Askolani juga mencatatkan utang senilai Rp390 juta. Dengan ini, sempurna kekayaan Dirjen Bea Cukai Askolani tercatat mencapai Rp51,87 miliar.

Bea Cukai Dituding Gunakan Jasa Buzzer, Ini Faktanya