• July 13, 2024
Paus Biru

Hewan Terbesar di Dunia, Ada yang Hingga 100 Ton

Ada banyak sekali jenis-jenis hewan yang hidup di dunia, menjadi dari mamalia, serangga, hingga ikan. Nah, di antara hewan tersebut, ada yang mendapat predikat sebagai hewan terbesar di dunia.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah hewan ini miliki ukuran yang besar dan terlalu berat. Bahkan, ada seekor hewan yang beratnya mampu lebih dari 100 ton. Wow!

Lantas, apa saja sih hewan terbesar di dunia yang masih hidup hingga sekarang? Daripada penasaran, mari kami liat pembahasannya secara lengkap didalam artikel ini.

Melihat hewan seperti kucing, anjing, hingga sapi mungkin telah biasa. Namun, bagaimana kalau memandang hewan berukuran besar secara langsung? Pasti bakal terlihat rasa takjub sekaligus ngeri gara-gara kuatir dimangsa.

Mengutip web AZ Animals, setidaknya ada delapan hewan terbesar di dunia. Simak daftar hewan tersebut di bawah ini.

1. Paus Biru

Paus Biru atau satwa yang miliki nama ilmiah Balaenoptera musculus merupakan mamalia laut terbesar sekaligus hewan terbesar di dunia selama masa. Dengan berat mampu raih 180 ton dan ukuran panjang mampu melebihi 30 meter, tak heran bukan kalau Paus Biru duduki peringkat pertama didalam daftar hewan terbesar di dunia. Dengan ukuran nyaris menyamai kapal pesiar, hewan terbesar di dunia satu ini umumnya mampu ditemukan di Samudra Pasifik dan jadi tidak benar satu spesies langka yang dilindungi.

Hewan terbesar di dunia ini cuma mampu dijumpai di alam liar dan gara-gara jumlahnya yang telah terlalu langka, sebenarnya tidak gampang untuk mampu memandang langsung hewan terbesar di dunia ini. Salah satu destinasi terbaik untuk menjumpai hewan terbesar di dunia satu ini adalah Dana Point yang berada di California. Titik ini merupakan tidak benar satu daerah terbaik di dunia untuk memandang Paus Biru khususnya kala musim panas dimana lebih banyak Paus Biru di lepas pantai kami daripada di daerah lain di dunia.

2. Hiu Paus

Selain paus biru, hiu paus (Rhincodon typus) termasuk termasuk hewan terbesar di dunia. Rata-rata panjang hiu paus dewasa kira-kira 40 kaki atau 12 mtr. dengan berat raih lebih dari 21 ton.

Uniknya, meski hewan ini dinamakan hiu paus, bukan artinya ia termasuk predator ganas. Justru, hiu paus merupakan hewan yang ramah dan bersahabat dengan manusia. Sebab, hiu paus konsumsi plankton, kril, hingga hewan kecil seperti cumi atau vertebrata kecil.

Baca juga:

Manfaat Tanaman Putri Malu yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Untuk Anda yang Masih Pemula, Ini Cara Merawat Tanaman Sayur

3. Cumi-Cumi Raksasa

Cumi-Cumi Raksasa atau ‘Giant Squid’ merupakan spesies hewan terbesar di dunia seterusnya yang sering dianggap serupa dengan Cumi-Cumi Kolosal yang sebenarnya merupakan spesies yang berbeda. Meskipun miliki ukuran yang termasuk fantastis, ukuran dari Cumi Kolosal masih lebih kecil kalau dibandingkan dengan Cumi-Cumi Raksasa.

Hewan terbesar di dunia satu ini miliki nama ilmiah Architeuthis dux dan diperkirakan mampu tumbuh hingga ukuran maksimum kira-kira 12–13 mtr. untuk spesies betinanya. Meskipun berukuran lebih besar, secara berat spesies hewan terbesar di dunia satu ini masih lebih gampang dari Cumi-Cumi Kolosal gara-gara lebih dari satu besar ukuran tubuhnya didominasi tentakel.

Hal ini sebabkan banyak orang yang menganggap Cumi-Cumi Kolosal lebih tepat disebut sebagai hewan terbesar di dunia kalau dibandingkan dengan Cumi-Cumi Raksasa.

Meski hewan terbesar di dunia ini tercatat paling sering ditemukan di Utara Samudra Atlantik, Utara Samudra Pasifik, dan di perairan kira-kira Afrika Selatan dan Selandia Baru, untuk mampu bertemu langsung dengan spesies hewan terbesar di dunia satu ini di alam liar terbilang sangatlah langka.

4. Gajah Semak Afrika

Gajah merupakan tidak benar satu hewan terbesar di daratan, tidak benar satu model gajah yang memadai besar adalah Gajah Semak Afrika (Loxodonta africana). Sesuai namanya, gajah ini umumnya dijumpai di benua Afrika.

Dengan tinggi raih 3,3 mtr. dan panjang kira-kira 7 meter, lumrah bila Gajah Semak Afrika masuk ke didalam daftar hewan terbesar di dunia. Soal bobotnya, Gajah Semak Afrika dewasa mampu raih 6 ton.

5. Jerapah Masai

Masih berhabitat di benua Afrika, hewan terbesar di dunia seterusnya adalah Jerapah Masai atau dikenal termasuk dengan nama Jerapah Kilimanjaro. Hewan terbesar di dunia dengan nama ilmiah Giraffa camelopardalis tippelskirchi ini merupakan subspesies terbesar dari satwa Jerapah. Mampu tumbuh hingga raih tinggi 5,8 mtr. ini dikenal gara-gara lehernya yang panjang serta kakinya yang jenjang.

Hewan terbesar di dunia satu ini miliki habitat di segi timur Afrika dan jadi hewan nasional dari negara Tanzania. Untuk menjumpai langsung satwa terbesar satu ini, Anda mampu mengunjungi Cagar Alam Masai Mara atau lebih dari satu Taman Nasional dan Cagar Alam di Kenya.

6. Kuda Nil

Daftar hewan terbesar di dunia seterusnya adalah kuda nil (Hippopotamus amphibius). Hewan yang ditemukan di sub-Sahara Afrika ini miliki berat yang mampu raih 1 ton.

Salah satu keunikan dari kuda nil adalah bahagia menggunakan lebih dari satu besar harinya berendam di didalam air. Hal ini ditunaikan agar tubuhnya senantiasa menjadi dingin biarpun berada di bawah cahaya matahari.

7. Badak Putih

Badak putih atau Ceratotherium simum, adalah tidak benar satu mamalia terbesar dan spesies badak terbesar yang ada dimuka bumi kalau dicermati dari beratnya. Memiliki berat raih 3,6 ton, hewan terbesar di dunia satu ini terbagi jadi dua subspesies yakni Badak Putih Selatan yang tersebar di wilayah selatan benua Afrika dan mampu ditemui di Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Kenya, dan Uganda dan Badak Putih Utara yang tersebar di anggota barat laut Uganda, Chad Selatan, Sudan Barat Daya, anggota timur Republik Afrika Tengah, dan timur laut Republik Demokratik Kongo.