• July 13, 2024

Manfaat & Khasiat Keladi Tikus (Typhonium flagelliforme)

Keladi tikus yaitu tanaman obat herbal yang memiliki manfaat detoksifikasi dan anti kanker. Komponen tanaman pada keladi tikus yang mengandung zat senyawa anti kanker yaitu akar, batang, daun, dan bunga.

Apa Itu Keladi Tikus?
Keladi tikus (Typhonium flagelliforme) yaitu salah satu tumbuhan herbal autentik Indonesia yang memiliki banyak khasiat di bidang kesehatan. Khasiat utama tanaman ini yaitu sebagai anti kanker dan anti inflamasi. Keladi tikus memiliki kegiatan antimikroba dan antioksidan yang bisa melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas

Kanker disebabkan oleh spaceman kerusakan pada radikal bebas. Antioksidan dalam keladi tikus berinteraksi untuk menstabilkan radikal bebas dan bisa mencegah kerusakan yang mungkin disebabkan oleh radikal bebas.

Khasiat dan Manfaat Keladi Tikus
Pada tanaman keladi tikus terdapat zat senyawa alkaloid, triterpenoid dan lignan (polifenol). Senyawa ini memiliki bisa membunuh atau menghalangi pertumbuhan sel kanker, serta berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri. Kecuali bisa dipakai sebagai obat penghambat sel kanker, keladi tikus kongkretnya juga diandalkan ampuh mengobati sejumlah penyakit lainnya. Berikut ini sebagian khasiat dan manfaat keladi tikus bagi kesehatan, di antara lain:

Mengobati Infeksi
Beberapa penelitian sudah menemukan bahwa dalam tumbuhan herbal keladi tikus terdapat kandungan zat antibakteri yang bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, meningitis, sampai endokarditis.

Menyelesaikan Batuk
Manfaat dari meminum rebusan daun keladi dikenal bisa meringankan batuk, menghilangkan sputum dan juga meredakan sesak nafas.

Meringankan Gejala Alergi
Diketahui bahwa tanaman keladi memiliki zat aktif yang bisa mencegah dan meringankan gejala alergi.

Mengobati Nanah
Khasiat lain dari keladi tikus bagi kesehatan yaitu cakap menjadi obat kulit natural.

Meredakan Stres
Stres bisa terjadi karena seseorang memiliki banyak pikiran dan hati tidak hening. Hal ini mungkin nampak sepele, melainkan bisa berujung menjadi dilema yang serius seperti susah tidur, tidak fokus berkegiatan dan rentan terserang penyakit. Daun keladi tikus bisa menolong Anda meredakan stres karena kandungannya yang menyerupai obat penenang.

Anti Kanker
Tidak cuma dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker, keladi tikus juga bisa dijadikan sebagai pengobatan dan perawatan dari penyakit kanker diantaranya kanker payudara, usus, kelenjar prostat, hati, leher rahim dan leukemia. Ekstrak dari keladi tikus memiliki kegiatan antiproliferatif yang cakap memberikan efek anti leukemia. Kecuali itu, keladi tikus juga bisa dipakai sebagai perawatan kanker payudara sebagai agen kemoterapi.

Menjaga Kesehatan Hati
Kecuali berpotensi sebagai antikanker, manfaat keladi tikus lainnya yaitu cakap menjaga kesehatan organ hati. Kandungan phenylpropanoid glikosida, sterol, dan serebrosida yang berada dalam umbi keladi tikus yang bisa menjaga hati konsisten sehat.