• April 19, 2024

Mengapa Bertanya itu Penting?

Mengapa bertanya itu penting? Wah, ini pertanyaan penting bagi Bu April! Mengapa? Karena Ibu puas bertanya kepada murid di kelas, dan kerap meminta murid untuk bertanya kepada Ibu!

Baiklah, untuk paham arti penting kegiatan bertanya, mari kita pahami dulu arti kata “pertanyaan”. Pertanyaan adalah kata-kata yang kita ungkapkan untuk memperoleh info atau Info atas sesuatu. Jadi, bertanya adalah mengungkap kata-kata secara lisan atau postingan untuk memperoleh info yang kita perlukan.

Pentingnya bertanya terletak pada alasan kita memperoleh keterangan. Ada banyak alasan mengapa kita perlu memperoleh keterangan. Misalnya Ibu bertanya kepada murid Kelas 6 apakah mereka telah paham kriteria sebuah surat. Keterangan yang di terima dari murid Kelas 6 tersebut bakal digunakan untuk memutuskan apakah mereka telah server thailand mampu menulis surat atau belum. Jika mereka belum bisa, maka Ibu meneruskan bersama dengan pertanyaan berikutnya, misalnya, “Dari seluruh kriteria menulis surat, bagian mana yang menuntut perhatian lebih di dalam mengerjakannya?” Keterangan yang didapat bakal menolong Ibu untuk berkonsentrasi pada hal-hal khusus saja di dalam menulis surat agar Ibu mampu menolong murid Kelas 6.

Seringkali Ibu bertanya gara-gara Ibu ragu-ragu atas sebuah keadaan. Murid Kelas 6 ternyata telah paham kriteria sebuah surat. Namun, disaat diminta untuk menuliskan surat, ternyata apa yang mereka tuliskan tidak cukup memenuhi kriteria yang mereka ketahui. Menyadari kondisi layaknya itu, Ibu April bakal bertanya, “Mengapa surat yang kita tulis memakai bhs sehari-hari, padahal kita bakal mengirimkan surat ini kepada organisasi internasional?” atau, “Mengapa surat ini bahasanya terasa janggal, padahal kita mendambakan menimbulkan teman-teman untuk menghadiri pesta kembali tahun?” Pertanyaan-pertanyaan ini cuma pancingan bagi murid Kelas 6 agar mereka paham bahwa hal-hal khusus dipergunakan bersama dengan tidak tepat.

Terkadang, Ibu April bertanya gara-gara mendambakan memperoleh jawaban yang berwujud kemungkinan. Dalam hal ini menulis surat tetap menjadi contoh. Ibu bakal bertanya apakah murid Kelas 6 mampu menulis surat bersama dengan kriteria yang serupa namun bersama dengan mengisi yang berbeda. Keterangan yang Ibu mendambakan dapatkan adalah adanya barangkali bahwa murid Kelas 6 mampu menerapkan kriteria di dalam menulis sebuah surat berdasarkan kondisi yang baru dan berbeda.

Nah, berdasarkan semisal dari kegiatan studi menulis surat, coba bayangkan pentingnya bertanya di dalam kehidupan. Kita bertanya gara-gara kita mendambakan paham dan paham kondisi sesuatu agar kita mampu mengambil keputusan atau tindakan yang perlu kita ambil. Kedua, kita bertanya gara-gara kita mendambakan paham bagaimana cara laksanakan banyak kegiatan di dalam hidup. Akhirnya, kita bertanya gara-gara kita mendambakan paham bagaimana cara laksanakan hal-hal yang baru berdasarkan pengetahuan yang telah kita punyai selama ini.
Oleh gara-gara itu, bertanyalah selama hidup gara-gara hidup bakal senantiasa diisi oleh hal-hal baru yang tak terbayangkan sebelumnya!