• July 13, 2024

Polisi Telah Mengantongi Bukti Kasus Dugaan Penggelapan Uang Rp6,9 Miliar Terhadap Suami BCL

Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan masih terus mengerjakan penyidikan kepada kasus dugaan penggelapan dana Rp6,9 miliar yang menyasar suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), Tiko Aryawardhana.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bintoro membetulkan bahwa pihak yang melaporkan Tiko Aryawardhana adalah eks istrinya berinisial AW. Kasus ini bermula dikala keduanya berprofesi sama dalam satu satu perusahaan.

“Di mana dalam demo mahjong ways 2 hal ini sebagai terlapor saudara inisial T. Yang bersangkutan pada dikala itu berprofesi di perusahaan eks istrinya, inisial AW,” kata Bintoro kepada wartawan, Selasa (4/6/2024).

Bintoro mengatakan bahwa kasus dugaan penggelapan uang yang telah ditelusuri sejak 2022 ini kesudahannya telah dinaikkan ke tahap penyidikan, setelah penyidik menerima berbagai barang bukti guna memenuhi elemen pidana.

“Sejauh ini untuk pengerjaannya telah masuk penyidikan. Menurut dua alat bukti yang sah, kami tingkatkan progres penelusuran ke penyidikan,” ujar Bintoro.

“Adapun saksi yang telah kami periksa ada lima orang saksi, ditambah kami menerima hasil audit eksternal dari keuangan,” tambah ia.

Meski telah naik ke tahap penyidikan, Bintoro menerangkan jika status dari suami BCL, Tiko Aryawardhana hingga dikala ini masih sebagai saksi terlapor. Sebab hingga dikala ini polisi masih persiapan menggelar hasil gelar perkara, cocok Pasal 374 KUHP. “Masih saksi,” ucap Bintoro.

Duduk Perkara Kasus Penggelapan Uang yang Menjerat Suami BCL

Sebelumnya, Leo Siregar selaku penasihat hukum AW yang adalah pelapor dalam perkara ini, menceritakan bahwa kasus ini bermula dikala ada kesepakatan antara AW dan Tiko Aryawardhana untuk mendirikan sebuah perusahaan.

Selama perusahaan yang berdiri dalam kurun waktu periode 2015 hingga 2021, AW dan Tiko sependapat membangun perusahaan bernama PT Arjuna Advaya Sanjaya (AAS) yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman.

“Awalnya klien kami dan Tiko menentukan untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Di mana pada dikala itu klien kami menjadi komisaris, sementara Tiko menjadi direktur, tetapi untuk modal perusahaan seluruhnya dari klien kami,” kata Leo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/6/2024).

Dalam perjalanannya, lanjut Leo, AW selalu pasif dan tak berusaha untuk mencampuri pengurusan kesibukan usaha. Sehingga Tiko yang sekarang menjadi suami penyanyi terkenal, Bunga Citra Lestari (BCL), disebut mempunyai kewenangan penuh dalam mengurus kesibukan perusahaan, termasuk dalam hal keuangan.

“Nah, kewenangan tanpa pengawasan ini yang kemudian kami duga menjadi celah bagi terlapor untuk mengerjakan tindakan-tindakan dengan itikad yang tak baik hingga kesudahannya mengakibatkan kerugian bagi perusahaan,” tuturnya.

“Klien kami selama ini tahunya usaha lancar, tetapi kok tiba-tiba di 2019 Tiko bilang usaha mau tutup sebab tak kuat bayar sewa. Loh, ini kan aneh,” tambah Leo.