• July 13, 2024

Tanaman Yang Terlihat Cantik Namun Wajib Waspada

Tanaman dengan daun hijau, bunga, dan buahnya yang berwarna-warni tentu menjadi tenaga tarik bagi tiap tanaman hias. Melainkan, dibalik kecantikan dan keunikannya, ternyata terdapat beberapa tipe tanaman berbisa yang semestinya diwaspadai, Bunda.
Lazimnya, tanaman berbisa sering ditemukan di alam liar atau malah ada di sekitar rumah. Oleh sebab itu, Bunda perlu berhati-hati saat berjalan-jalan di ruang terbuka, ya.

Kandungan zat racun yang ada pada tanaman berbisa tentu dapat membahayakan orang yang memiliki kontak atau menyentuh, malah memakan buahnya. Tak jarang, kandungan racun ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan fatal, sampai mematikan.

Supaya terhindar dari tanaman slot spaceman berbisa, tentu perlu mengenal tipe tanaman berbisa yang sering ditemukan di sekitar Bunda. Diberitakan dari The Spruce, berikut ini enam tipe tanaman berbisa yang semestinya diwaspadai. Simak selengkapnya di sini, yuk.

  1. Bittersweet Nightshade
    Bittersweet Nightshade atau dengan nama ilmiah Solanum dulcamara ialah gulma lazim dan sungguh-sungguh membahayakan. Buahnya yang berwarna-warni cemerlang dapat menjadi tenaga tarik untuk anak-anak. Oleh sebab itu, Bunda perlu berhati-hati dan jauhkan Diberitakan Sekiranya dari tanaman ini.

Tanaman berkayu ini memiliki batang yang tumbuh sepanjang tahun dan dapat menempuh ketinggian hampir dua meter. Dengan bunga berwarna ungu yang timbul secara berkelompok, mewujudkan tanaman ini terlihat lebih menarik.

Diberitakan dari WebMD, racun pada buah tanaman ini dapat menyebabkan sakit kepala, kantuk, sakit perut, muntah, gemetar, temperatur turun, pupil melebar, dan diare. Sekiranya tidak sengaja termakan, segera larikan orang tersebut ke dokter atau rumah sakit terdekat.

  1. Poison Ivy
    Tanaman berbisa selanjutnya ialah Poison Ivy atau Toxicodendron radicans. Racun pada tanaman ini ternyata berasal dari getah berminyak di daunnya yang disebut urushiol. demikian, kontak dengan komponen apa malah dari tanaman ini semestinya dihindari, malah saat tidak berdaun.

Urushiol dapat menyebabkan tanggapan alergi yang membuat kulit Bunda merah, bengkak, dan gatal. Salah satu ciri dari tanaman berbisa ini ialah memiliki tiga lembar daun di tiap batangnya dan tumbuh sebagai tanaman merambat atau semak-semak.

  1. Jelatang Menyengat
    Mirip seperti Poison Ivy, jelatang menyengat juga termasuk salah satu tanaman yang berbisa. Tanaman ini banyak terdapat di halaman rumah, sehingga kadang kala sulit untuk menghindarinya seandainya tidak berhati-hati.

Tanaman jelatang menyengat memiliki bulu-bulu halus dan kecil pada batang dan daunnya. Sekiranya tidak sengaja tersentuh dan patah, komponen ujungnya akan mengeluarkan cairan gatal dan menyengat.

Orang yang terkena cairan ini akan menikmati tanggapan alergi kulit yang menyakitkan, Bunda. Ciri-ciri dari tanaman ini ialah batangnya yang tidak tumbuh bercabang, dengan tinggi 1,2 sampai 1,6 meter.