• March 4, 2024
Okapi

Unik! Hewan Ini Berbentuk Mirip Jerapah Tapi Berbadan Zebra, Kok Bisa Ya

Apakah kalian terbayang terkecuali mendengar atau lihat hewan jerapah dan zebra? Jerapah tentu hewan bertubuh besar bersama leher yang amat panjang dan serta terkenal dengan permainan link slot server myanmar. Sementara zebra, hewan berupa layaknya kuda tapi punya corak khas bergaris hitam-putih di sekujur tubuhnya.

Lalu, bagaimana apabila ke-2 hewan selanjutnya digabungkan menjadi satu? Keduanya bakal menjadi hewan baru bernama okapi!

Mengenal Okapi

Dikutip berasal dari Wonderopolis, okapi adalah kerabat zebra agar punya kaki yang bergaris hitam putih. Namun dibandingkan zebra, hewan langka ini berkerabat paling dekat bersama jerapah.

Untuk itu, kepala okapi amat sama bersama jerapah tapi tidak punya leher dan badan setinggi jerapah. Okapi yang sudah dewasa tingginya lebih kurang lima kaki (1,5 meter) bersama berat 770 pon (349 kilogram).

Lalu mengapa mereka tidak punya leher panjang layaknya jerapah? Jawaban yang paling mendasar adalah sebab keduanya hidup di lingkungan yang berbeda.

Setiap perihal yang diciptakan Tuhan tentu punya fungsinya masing-masing, begitupun kaki dan leher panjang jerapah yang bermanfaat menopang hewan selanjutnya untuk capai makanan berasal dari pohon tinggi di sabana. Sementara makanan okapi tidaklah tinggi dan lebih dekat bersama tanah.

Semua okapi yang tersedia di Bumi hidup di wilayah yang sama yaitu di hutan hujan Republik Demokratik Kongo (DRC). Di hutan lebat ini, okapi tidak wajib pergi jauh melacak makanan sebab mereka memakan dedaunan berasal dari dahan terdekat, tanah liat, dan kayu bakar.

Hewan Pemalu

Cara termudah untuk berjumpa bersama Okapi adalah berkunjung ke kebun binatang, tidak benar satunya di The Maryland Zoo Amerika Serikat. Karena di alam liar, hewan ini sangatlah pemalu dan sering bersembunyi kala menyadari tersedia manusia yang datang.

Tubuh mereka gelap agar sulit dicermati di dalam sinar yang redup. Meskipun kaki mereka bergaris hitam putih, nyatanya perihal ini menopang mereka menyatu bersama sinar yang menyinari dahan pohon.

Sebuah fakta menyatakan apabila okapi amat pandai bersembunyi, agar tidak ditemukan para ilmuwan sampai tahun 1901. Bahkan masyarakat asli DRC jarang lihat okapi dan sering lihat kala hewan itu terlilit di dalam perangkap pemburu.

Karena perihal ini, para ilmuwan kesusahan untuk mengukur populasi okapi yang masih tersedia di Bumi. Saat ini, mereka memperkirakan jumlahnya lebih kurang 4.500 hewan.

Fungsi Menarik Tubuh Okapi

Sulit ditemukan oleh manusia, hewan ini menariknya gampang mendapatkan satu sama lainnya. Garis-garis di tubuh mereka diakui menopang okapi muda ikuti ibu mereka melalui lebatnya hutan hujan.

Tidak cuma itu, mereka termasuk punya telinga yang unik bersama kebolehan mendengar yang luar biasa. Mereka sanggup mendengar suara yang singgah berasal dari bermacam arah secara bersamaan.

Okapi jantan termasuk punya tanduk pendek di kepalanya sedangkan okapi betina punya benjolan kecil di kepalanya yang memicu mereka jadi sama bersama jerapah.

Sayangnya, kini okapi terdaftar sebagai spesies hewan yang terancam punah sebab populasinya yang rendah. Meskipun begitu, bermacam upaya untuk memelihara habitat mereka tetap digerakkan.