• July 13, 2024
Merawat Tanaman Sayur

Untuk Anda yang Masih Pemula, Ini Cara Merawat Tanaman Sayur

Cara merawat tanaman sayur tidak begitu sulit. Anda bisa menentukan lebih dari satu model sayur yang enteng lebih-lebih dahulu selagi baru mengawali bertanam. Tujuannya, supaya Anda bisa belajar dari tanaman-tanaman yang enteng ke tanaman yang terbilang susah sebab membutuhkan tindakan khusus.

Pertumbuhan tanaman benar-benar terkait pada cara perawatan yang Anda terapkan. Tanaman bisa tumbuh subur misalnya perawatan yang diberikan sudah cocok dengan persyaratan model tanaman sayur tersebut. Tiap model tanaman sebenarnya membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, namun kebanyakan tanaman butuh penyiraman, pemupukan, dan penjarangan.

Merawat tanaman sayur membutuhkan komitmen dan kesabaran. Hal ini sebab bisa saja Anda mendapatkan banyak permasalahan selagi merawatnya. Berikut ini lebih dari satu cara merawat tanaman sayur yang mesti Anda ketahui.

  • Penyiraman

Tanaman sayuran membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Penyiraman dijalankan dengan hati-hati supaya tanaman tidak rusak, baik batang maupun daunnya. Frekuensi penyiraman dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Jangan melaksanakan penyiraman di siang hari sebab bisa menyebabkan kelayuan pada tanaman.

Baca juga:

Hewan yang Secara Genetik Berkerabat dengan Manusia

Pria Jepang yang Habiskan Rp 213 Juta demi Jadi Anjing

  • Pemupukan

Pemupukan tanaman sayur yang ditanam di pekarangan bisa mengfungsikan pupuk organik dan anorganik. Kini, banyak ada pupuk organik yang beredar di pasaran. Dosis dan cara penggunaannya sesuai dengan kemasan pupuk tersebut.

  • Penjarangan

Untuk penanaman koloni, tanaman sayur mesti penjarangan. Tujuannya, supaya tanaman yang ditinggalkan beroleh unsur hara secara optimal. Umumnya, penjarangan dijalankan selagi tanaman berumur 3–4 minggu. Tanaman yang dijarangkan, lantas dipindahkan ke pot yang sudah disiapkan sebelumnya.

  • Pemasangan ajir

Pemasangan ajir mesti dijalankan untuk tanaman yang merambat dan punyai batang yang lemah, seperti tomat, terung, dan cabai. Ajir yang digunakan bisa berwujud bilah bambu untuk menolong menegakkan tanaman. Tanaman sayuran yang kebanyakan membutuhkan ajir adalah mentimun.

Ajir bisa diberikan selagi tanaman berumur 3–4 minggu. Ajir bisa terbuat dari kayu atau bambu. Ajir juga bisa terbuat dari tali rafia yang diikat pada gantungan. Pemasangan ajir seperti bambu atau kayu mesti dijalankan secara hati-hati sebab dikhawatirkan bisa melukai proses perakaran tanaman.